Rabu, 24 Agustus 2016

PERBEDAAN HOT WHEELS dengan TOMICA

        
HOT WHEELS
Image result for HOT WHEELS
     sebagai produk diecast mobil mainan, Hot Wheels memang merajai pasar mainan Indonesia, bahkan dunia, selama lebih dari satu dekade. Tak hanya anak-anak, peminatnya sebagian besar justru orang dewasa. Saat ini, Hot Wheels sudah bukan sekadar mainan,  tetapi juga menjadi lahan investasi.
Hot Wheels (biasa disebut HW begotu saja) mulai populer di Indonesia sejak tahun 2002 setelah beberapa iklannya muncul di televisi di setiap akhir pekan. Daya tarik utama Hot Wheels adalah ukurannya yang kecil dengan detail desain sama persis dengan mobil versi aslinya.
Mobil mainan HW biasanya merupakan replika dari mobil asli. Umumnya dengan skala 1/64. Meskipun demikian, ada juga mobil mainan HW yang berasal dari karya imajiner dan khayalan.
Terpisah dari paket penjualannya, saat ini produsen HW, Mattel Inc, juga menyediakan lintasan yang dibuat khusus untuk mobil-mobilan berukuran 6-9 cm itu.
Di Indonesia, Hot Wheels biasa dijual antara Rp17.000 hingga Rp25.000 per unit. Sedangkan dalam sejumlah edisi khusus dan terbatas, mobil yang memiliki lebih dari 200 lisensi resmi dari produsen mobil di dunia itu juga hadir dengan harga mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
TOMICA
Image result for TOMICA
Tomica (トミカ), seperti dijelaskan dalam website tomicafci.org, diproduksi oleh Tomy Co dari Jepang. Produk ini berbeda dari Tomica World, yang merupakan mainan bermesin berbentuk kereta, kendaraan dan perlengkapan lain yang dibuat oleh Tomy Co. dari UK sejak akhir 1990’s. Kereta dan jalur kereta dari Tomica World berawal dari Plarail, yang merupakan merk dari mainan bermesin yang dibuat oleh Tomy Co. sejak 1959 tapi Tomica World lebih terfokus pada produk kereta Thomas.
Pada dasarnya mainan kendaraan bermesin dari Tomica World sama dengan Motor Tomica. Secara lebih detail, hal itu dibahas di tomicafci.org dimana dijelaskan mengenai Tomica Reguler (Tomica Regular), Variasi Tomica (Tomica Variation), Variasi (Other Variation), List Tomica (Tomica List), Galeri Tomica (Tomica Galery), Buku dan Catalog (Book & Catalog), Tempat Membeli Tomica dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar